Doagnosis Kanker Paru

DIAGNOSIS KANKER PARU

Apa yang menyebabkan diagnosis kanker paru-paru ?. Pada awalnya, dokter akan mengevaluasi sejarah medis seseorang, seperti riwayat merokok , paparan zat lingkungan dan pekerjaan , dan sejarah keluarga kanker serta pemeriksaan fisik dan rontgen dada untuk menemukan penyebab gejala . Tes-tes lain juga dapat dilakukan sesuai kebutuhan. Berhubungan dengan sejarah pasien, jika dokter mencurigai penderita mengalami kanker paru-paru, maka yang akan dilakukan adalah menyelidiki riwayat medis penderita melalui pemeriksaan fisik secara menyeluruh , atau juga tes medis lebih lanjut dan khusus. Untuk mengetahui bagian dari sejarah medis Anda , dokter biasanya akan bertanya : apakah Anda pernah merokok atau tidak merokok sebelumnya , dan bagaimana pekerjaan Anda dan tempat kerja, Jika Anda telah terkena zat berbahaya disebabkan pekerjaan atau radiasi, maka mungkin juga dikarenakan riwayat keluarga kanker paru-paru.

Mendiagnosis Kanker Paru
Skrining membantu untuk menemukan kanker pada tahap awal ketika diobati dengan serangkaian tes yang dilakukan sebelum seseorang menunjukkan gejala apapun. Deteksi dini jaringan abnormal atau kanker juga membuktikan dan menguntungkan sebagai upaya untuk menyembuhkan kanker sepenuhnya dan juga lawan deteksi ketika kanker mungkin telah menyebar.

Ada beberapa cara untuk mendiagnosa seseorang di tahap awal kanker paru-paru. Diantaranya adalah pemeriksaan fisik dan anamnesis, yakni pemeriksaan fisik untuk memeriksa tanda-tanda kesehatan umum kesehatan atau sakit seperti penyakit yang tidak biasa, adanya benjolan dan hal lain yang tampaknya atipikal. Dokter juga akan mendapatkan sejarah kebiasaan kesehatan pribadi , setiap penyakit masa lalu dan perawatan yang diberikan untuk penyakit-penyakit tersebut.

Tes laboratorium adalah prosedur pengujian sampel jaringan, darah , urin , dan zat lain dalam tubuh . Tes juga akan membantu untuk mendiagnosa penyakit serta membantu dalam perencanaan , pengelolaan dan pemantauan itu . Tes dahak dilakukan untuk menunjukkan bukti sel-sel kanker di paru-paru. Dan untuk memastikan diagnosis yang lebih akurat dengan koleksi dahak tunggal, dahak biasanya dikumpulkan selama tiga hari . Sedangkan Bronkoskopi fiberoptik adalah Pemeriksaan menggunakan tabung berlampu kecil fleksibel yang dimasukkan ke dalam saluran hidung dan kemudian ke bronkus yang sesuai ( airway ) ke kanker . Jika kanker terdeteksi maka sepotong kecil kanker akan dihapus untuk pemeriksaan biopsi sehingga jenis kanker dapat ditentukan dan diberikan pengobatan yang tepat.

Sedangkan perkutan biopsi jarum adalah pemeriksaan yang melibatkan jarum tipis dan dimasukkan melalui kulit dan dinding dada ke dalam tumor. Tes ini adalah untuk tumor yang dekat dengan permukaan paru-paru dan sering digunakan dalam hubungannya dengan CAT scan untuk membantu dalam membimbing jarum ke tumor  Eksisi atau operasi pengangkatan adalah proses yang dapat menyebabkan diagnosis lebih lanjut tumor melalui sayatan kecil ke dada. Sebuah kamera video kecil tipis dimasukkan ke dalam dada untuk membantu dalam menghilangkan blok kecil jaringan paru-paru menggunakan perangkat stapel bedah mekanis atau laser dengan prosedur klinis . Mediastinoscopy adalah tes untuk membantu mengevaluasi seberapa luas tumor dengan melihat ke pertengahan bagian dada melalui sayatan kecil dibuat hanya di bawah garis kerah. Sekian yang dapat kami jelaskan mengenai beberapa cara dalam mendiagnosis kanker paru.

Baca Juga: Cara Mengobati Penyakit Kanker